Kamis, 24 Januari 2013

Membuat Menu Trigger Di Powerpoint

Kalau tidak salah menu trigger (animation trigger) ini mulai terdapat pada powerpoint versi 2003. Menu trigger ini berfungsi untuk memunculkan atau “mengaktifkan” suatu objek tertentu dengan bantuan obyek lainnya. Bingung? Misalnya: Ada dua kotak, Kotak A dan Kotak B, kemudian menu trigger diterapkan untuk memunculkan Kotak B dengan cara mengklik Kotak A.trigger1 300x118 Membuat Menu Trigger
Untuk memunculkan Kotak B dengan cara mengklik kotak A, berikut ini adalah langkah-langkahnya: Buat kedua kotak (shapes), agar lebih mudah beri nama kotak (misal: ‘A’ dan ‘B’). Tambahkan efek animasi pada kotak B, klik Animations -> pilih salah satu animasi yang diinginkan. Pada powerpoint 2010, menu trigger sudah terdapat di bawah Animation Pane (dalam grup Animations), jadi Anda cukup klik Trigger untuk menerapkan menu trigger. Namun jika tidak, Pastikan bahwa kotak Animation Pane aktif.
trigger2 300x225 Membuat Menu Trigger
Dari kotak Animation Pane ini, kemudian klik kanan pada efek animasi Kotak B, pilih Timing…maka akan muncul kotak dialog efek.
trigger3 300x225 Membuat Menu Trigger
Dalam kotak dialog tersebut terdapat beberapa pengaturan untuk efek animasi. Untuk menu trigger, klik Triggers, kemudian pilih Start effect on click of: dan pilih obyek mana yang akan dijadikan tombol untuk memunculkan Kotak B. Pada contoh ini adalah untuk memunculkan Kotak B dengan cara mengklik Kotak A. Jadi, pada Start effect on click of:, pilih kotak A (Rectangle 4: A). Setelah selesai klik OK.
trigger4 300x225 Membuat Menu Trigger
* Menu trigger hanya akan aktif/terlihat jika dalam mode Slide Show. Jadi untuk melihat hasilnya, setelah selesai, klik tombol Slide Show yang ada di bawah (dekat persen Zoom level) atau tekan F5 pada keyboard.
Anda juga dapat menerapkan menu trigger (animation trigger) ini untuk opsi Menu-Submenu, atau kuis. Jadi dengan mengklik kotak Menu akan muncul Submenu dibawahnya, atau dengan mengklik ‘=’/tanda sama dengan akan muncul jawaban dari 1+5. Seperti gambar dibawah ini:
trigger 300x225 Membuat Menu Trigger

hanya sekian ulasan dari blog cerdas semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar


Mohon perhatian berkomentarlah dengan baik tidak menggunakan bahasa yang kasar dan sara dan dilarang melecehkan orang lain

Terima Kasih

 

Site Info

Flag Counter

About Me

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page

About