Sabtu, 02 Maret 2013

Cara Mengganti Sistem Operasi Dari Linux Menjadi Windows

 

Untuk menginstal Windows pada sistem yang memiliki Linux diinstal ketika Anda ingin menghapus Linux, Anda harus secara manual menghapus partisi yang digunakan oleh sistem operasi Linux. Kompatibel dengan Windows partisi dapat dibuat secara otomatis selama instalasi sistem operasi Windows.

Penting: sebelum Anda mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini, pastikan bahwa Anda memiliki sebuah bootable disk atau CD-ROM bootable untuk sistem operasi Linux, karena proses ini benar-benar menghapus sistem operasi Linux yang diinstal pada komputer Anda. Jika Anda berniat untuk memulihkan sistem operasi Linux di kemudian hari, pastikan bahwa Anda juga memiliki cadangan baik dari semua informasi yang tersimpan di komputer Anda. Juga, Anda harus memiliki versi rilis penuh dari sistem operasi Windows Anda ingin menginstal.

Sistem file Linux menggunakan "superblock" pada awal sebuah partisi disk untuk mengidentifikasi dasar ukuran, bentuk, dan kondisi sistem file.

Sistem operasi Linux biasanya diinstal pada tipe partisi 83 (Linux asli) atau 82 (Linux swap). Linux boot manager (LILO) dapat dikonfigurasi untuk memulai dari:
  • Hard disk Master Boot Record (MBR).
  • Root folder dari partisi Linux.
Alat Fdisk disertakan dengan Linux dapat digunakan untuk menghapus partisi. (Ada utilitas lain yang bekerja sama dengan baik, seperti Fdisk dari MS-DOS 5.0 dan kemudian, atau Anda dapat menghapus partisi selama proses instalasi.) Untuk menghapus Linux dari komputer Anda dan menginstal Windows:
  1. Menghapus asli, swap, dan boot partisi yang digunakan oleh Linux:
    1. Memulai komputer Anda dengan Linux setup floppy disk, ketik fdisk pada prompt perintah, dan kemudian tekan ENTER.

      Catatan: untuk bantuan menggunakan alat Fdisk, ketik m pada prompt perintah, dan kemudian tekan ENTER.
    2. Jenis p pada prompt perintah, dan kemudian tekan ENTER untuk menampilkan informasi partisi. Item pertama yang tercantum adalah hard disk 1, partisi 1 informasi, dan item kedua tercantum adalah hard disk 1, partisi 2 informasi.
    3. Ketik d pada prompt perintah, dan kemudian tekan ENTER. Anda kemudian akan diminta untuk nomor partisi yang ingin Anda hapus. Jenis 1, dan kemudian tekan ENTER untuk menghapus partisi nomor 1. Ulangi langkah ini sampai semua partisi telah dihapus.
    4. Jenis w, dan kemudian tekan ENTER untuk menulis informasi ini ke tabel partisi. Beberapa pesan kesalahan dapat dihasilkan sebagai informasi ini ditulis untuk tabel partisi, tapi mereka tidak harus signifikan pada titik ini karena langkah berikutnya adalah untuk me-restart komputer dan kemudian menginstal sistem operasi baru.
    5. Jenis q pada prompt perintah, dan kemudian tekan ENTER untuk berhenti alat Fdisk.
    6. Masukkan bootable floppy disk atau CD-ROM bootable untuk sistem operasi Windows pada komputer Anda, dan kemudian tekan CTRL + ALT + DELETE untuk me-restart komputer Anda.
  2. Menginstal Windows. Ikuti petunjuk instalasi untuk sistem operasi Windows Anda ingin menginstal pada komputer Anda. Proses instalasi dapat membantu Anda dengan menciptakan partisi sesuai pada komputer Anda.

Contoh tabel partisi Linux

Satu drive SCSI

Device    Boot Start End Blocks  Id System
/dev/sda1  *    1    500 4016218 83 Linux native (SCSI hard drive 1, partition 1)
/dev/sda2       501  522 176715  82 Linux swap   (SCSI hard drive 1, partition 2)
    

Beberapa drive SCSI

    Device  Boot Start End Blocks  Id System
/dev/sda1    *    1    500 4016218 83 Linux native (SCSI hard drive 1, partition 1)
/dev/sda2         501  522 176715  82 Linux swap   (SCSI hard drive 1, partition 2)
/dev/sdb1         1    500 4016218 83 Linux native (SCSI hard drive 2, partition 1)
    

Satu drive IDE

    Device  Boot  Start  End  Blocks  Id  System
/dev/hda1    *     1     500  4016218 83  Linux native (IDE hard drive 1, partition 1)
/dev/hda2          501   522  176715  82  Linux swap   (IDE hard drive 1, partition 2)
    

Beberapa IDE drive

    Device   Boot  Start End  Blocks   Id  System
/dev/hda1     *     1    500  4016218  83  Linux native (IDE hard drive 1, partition 1)
/dev/hda2           501  522  176715   82  Linux swap   (IDE hard drive 1, partition 2)
/dev/hdb1           1    500  4016218  83  Linux native (IDE hard drive 2, partition 1)
    
Juga, Linux mengakui lebih dari empat puluh jenis partisi yang berbeda, seperti:
  • LEMAK 12 (tipe 01)
  • LEMAK > 32 M 16 dasar (tipe 06)
  • FAT 16 diperpanjang (tipe 05)
  • FAT 32 tanpa dasar LBA (jenis 0b)
  • FAT 32 w/LBA dasar (tipe 0 c)
  • LEMAK 16 w/LBA (jenis 0e)
  • 16 W lemak/LBA diperpanjang (jenis 0f)
Perhatikan bahwa ada cara lain untuk menghapus sistem operasi Linux dan menginstal Windows dari yang disebutkan di atas. Metode sebelumnya digunakan dalam artikel ini karena sistem operasi Linux sudah berfungsi dan ada lebih banyak ruang pada hard disk. Ada metode mengubah ukuran partisi dengan perangkat lunak. Microsoft tidak mendukung Windows yang diinstal pada partisi yang dimanipulasi dengan cara ini.

Metode lain untuk menghapus sistem operasi dari hard disk dan menginstal sistem operasi yang berbeda adalah dengan menggunakan MS-DOS versi 5.0 atau kemudian boot disk, disk Windows 95 Startup atau Windows 98 Startup disk yang berisi Fdisk utility. Menjalankan Fdisk utility. Jika Anda memiliki beberapa drive, ada 5 pilihan; Gunakan pilihan 5 untuk memilih hard disk yang memiliki partisi untuk dihapus. Setelah itu, atau jika Anda memiliki hanya satu hard disk, pilih opsi 3 ("Hapus partisi atau drive logis DOS"), dan kemudian memilih opsi 4 ("partisi non-DOS Hapus"). Anda harus melihat partisi non-DOS yang ingin Anda hapus. Biasanya, sistem operasi Linux memiliki dua partisi non-DOS, tetapi mungkin ada lebih. Setelah Anda menghapus satu partisi, menggunakan langkah yang sama untuk menghapus partisi non-DOS lain sesuai.

Setelah partisi yang dihapus, Anda dapat membuat partisi dan menginstal sistem operasi yang Anda inginkan. Anda hanya dapat membuat satu partisi utama dan partisi extended dengan beberapa logis drive dengan menggunakan Fdisk dari versi 5.0 dan kemudian MS-DOS, Windows 95 dan Windows 98. Ukuran primer partisi FAT16 maksimum adalah 2 gigabyte (GB). Ukuran drive logis FAT16 terbesar adalah 2 GB. Untuk informasi tambahan, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di dalam Basis Pengetahuan Microsoft:
105074 MS-DOS 6.2 partisi pertanyaan dan jawaban
Jika Anda menginstal Windows 2000 atau Windows NT 4.0, partisi Linux dapat dihapus dan partisi baru dibuat dan diformat dengan jenis sistem file yang sesuai selama proses instalasi. Windows memungkinkan Anda untuk membuat lebih dari satu partisi utama. Partisi terbesar yang Windows NT 4.0 memungkinkan Anda untuk membuat selama instalasi adalah 4 GB karena keterbatasan sistem berkas FAT16 selama instalasi. Juga, partisi 4-GB menggunakan ukuran cluster 64-KB. MS-DOS 6.x dan Windows 95 atau Windows 98 tidak mengenali sistem file 64-KB cluster, sehingga sistem file ini biasanya dikonversi ke NTFS selama instalasi. Windows 2000, tidak seperti Windows NT 4.0, mengakui sistem file FAT32. Selama instalasi Windows 2000, Anda dapat membuat sebuah drive FAT32 yang sangat besar. FAT32 drive dapat dikonversi ke NTFS setelah instalasi telah selesai jika sesuai.

0 komentar:

Posting Komentar


Mohon perhatian berkomentarlah dengan baik tidak menggunakan bahasa yang kasar dan sara dan dilarang melecehkan orang lain

Terima Kasih

 

Site Info

Flag Counter

About Me

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page

About